Mengubah Icon FireFox

Firefox yang menurut sebagian pengguna Internet merupakan salah satu browser tercepat, ternyata juga dapat dimodifikasi. Salah satu modifikasi yang ingin saya lakukan kali ini adalah mengganti icon standarnya yang biasanya selalu menempel di Title Bar atau Taskbar saat browser tersebut dijalankan.

Agar trik kecil ini dapat berjalan mulus, pertama-tama Anda harus mengingat folder Firefox di dalam hard disk. Apabila saat proses install Firefox Anda tidak melakukan perubahan apa pun (mengikuti standar instalasi dari Firefox), biasanya file-file Firefox ini akan tersimpan di dalam folder "C:\Program Files\Mozilla Firefox".

Apabila Anda sudah membuka folder tersebut, Anda dapat membuka subfolder "Chrome" di dalamnya. Selanjutnya, di dalam subfolder “Chrome”, buat folder baru dengan nama "Icons" melalui "File | New | Folder". Klik ganda folder baru tersebut. Dalam subfolder "Icons" buat juga subfolder "default" dengan cara yang sama. Apabila Anda melakukannya dengan benar, folder lengkapnya adalah "C:\Program Files\Mozilla Firefox\-Chrome\Icons\Default". Kini Anda tinggal menentukan icon yang akan dimasukkan ke dalam subfolder tersebut. Cari file icon dengan ekstension ".ico" di dalam hard disk. Apabila sudah menentukan satu icon yang Anda sukai, copy icon tersebut ke dalam subfolder "Default". Ubah nama asalnya menjadi "Main- Window.ico” dan restart komputer. Setelah Windows aktif kembali, buka browser Firefox. Sekarang lihat icon yang berada di Title Bar dan Taskbar. Icon pun telah berubah.


Tidak ada komentar: